Minggu, 25 Maret 2012

INTERNET


A.      Pengertian Internet
Apa itu Internet? Mari coba kita jabarkan Pengertian dari Internet. Internet merupakan jaringan global komputer dunia, besar dan sangat luas sekali dimana setiap komputer saling terhubung satu sama lainnya dari negara ke negara lainnya di seluruh dunia dan berisi berbagai macam informasi, mulai dari text, gambar, audio, video, dan lainnya.
Internet itu sendiri berasal dari kata Interconnection Networking, yang berarti hubungan dari banyak jaringan komputer dengan berbagai tipe dan jenis, dengan menggunakan tipe komunikasi seperti telepon, salelit, dan lainnya. Dalam mengatur integrasi dan komunikasi jaringan komputer ini menggunakan protokol yaitu TCP/IP. TCP (Transmission Control Protocol) bertugas untuk memastikan bahwa semua hubungan bekerja dengan benar, sedangkan IP (Internet Protocol) yang mentransmisikan data dari satu komputer ke komputer lain.
TPC/IP secara umum berfungsi
1.       Memilih rute terbaik transmisi data
2.       memilih rute alternatif jika suatu rute tidak dapat di gunakan
3.        mengatur dan mengirimkan paket-paket pengiriman data.
Untuk dapat ikut serta menggunakan fasilitas Internet, kita harus berlangganan ke salah satu ISP (Internet Service Provider) yang ada dan melayani daerah kita.
ISP ini biasanya disebut penyelenggara jasa internet. kita bisa menggunakan fasilitas dari Telkom seperti Telkomnet Instan, speedy dan juga layanan ISP lain seperti first media, netzip dan sebagainya. Internet memberikan banyak sekali manfaat, ada yang bisa memberikan manfaat baik dan buruk. Baik bila digunakan untuk pembelajaran informasi dan buruk bila digunakan untuk hal yang berbau pornografi, informasi kekerasan, dan lain-lainnya yang negatif.
Internet ini memungkinkan pengguna komputer di seluruh dunia untuk saling berkomunikasi dan berbagi informasi dengan cara saling mengirimkan email, menghubungkan komputer satu ke komputer yang lain, mengirim dan menerima file dalam bentuk text, audio, video, membahas topik tertentu pada newsgroup, website social networking dan lain-lain.
B.      Koneksi ke Internet
Dari sisi peralatan, konfigurasi sambungan tersebut adalah sebagai berikut.
1. Komputer – modem – Internet.
2. Banyak Komputer – Router – Modem – Internet.
Untuk lebih jelasnya, ada baiknya kita lihat gambar berikut.
Gambar Konfigurasi sambungan akses untuk perorangan

Pada sambungan perorangan ke Internet ada beberapa alternatif teknologi sambungan yang banyak digunakan di Indonesia, beberapa di antaranya adalah seperti berikut
·      Menggunakan modem dial-up.
Pada teknik dial-up, modem dipasang di komputer, baik di dalam maupun di luar kotak komputer. Melalui komputer tersebut, kita dapat menelepon tempat akses Internet.
·      Menggunakan handphone.
Dengan semakin maraknya penggunaan handphone di Indonesia, Internet melalui handphone juga semakin marak. Hampir semua operator selular di Indonesia memberikan akses Internet sebagai layanan tambahan di jaringan selular mereka. Secara umum ada dua (2) teknologi, yaitu, GPRS dan 3G.
·      Menggunakan Wireless, atau WiFi, atau HotSpot.
Pada saat ini kebanyakan laptop yang di jual di pasaran telah mempunyai peralatan Wireless Internet atau lebih di kenal WiFi. Dengan peralatan WiFi yang ada kita dapat langsung terhubung ke jaringan Interent di tempat-tempat yang tersedia akses WiFi atau dikenal sebagai HotSpot.
Beberapa ciri khas sambungan perorangan ke Internet, yaitu,
·      Hanya ada satu buah komputer yang tersambung.
·      Tidak beroperasi 24 jam penuh dalam satu hari.
·       Teknik akses ini relatif mahal harganya, terutama untuk membayar pulsa.


Gambar Konfigurasi sambungan akses untuk perusahaan atau WARNET
Pada sambungan perkantoran, WARNET, atau sekolah ke Internet ada beberapa alternatif teknologi sambungan yang banyak digunakan di Indonesia, beberapa diantaranya adalah
·      Menggunakan modem ADSL atau Speedy.
·       Menggunakan Wireless Internet.
·       Menggunakan Satelit atau VSAT.
Beberapa ciri khas sambungan perkantoran, WARNET atau sekolah, yaitu,
·      Banyak komputer tersambung sekaligus ke sebuah sambungan Internet.
·      Proses pemakaian bersama satu sambungan Internet bagi banyak komputer biasanya di bantu menggunakan router.
·      Sebagian sambungan beroperasi 24 jam sehari.
C.      Hardware untuk Akses Internet
Hardware untuk akses internet dapat didefinisikan sebagai barang berwujud yang dapat dilihat dan disentuh keberadaan yang dibutuhkan untuk memungkinkan akses pengguna baik dengan koneksi langsung atau melalui koneksi dial-up ke komputer induk. Hardware untuk akses internet tergantung pada melalui apa Anda memperoleh jaringan. Berikut ulasannya:

Internet Kabel
Internet kabel biasanya memiliki kecepatan yang lebih stabil. Oleh sebab itu banyak orang yang menggunakannya. Untuk internet kabel, hardware yang dibutuhkan adalah berikut ini:
1.       Yang pertama tentu komputer atau laptop.
2.       Telepon, merupakan sarana akses ke jaringan penyedia layanan internet.
3.       Modem, berfungsi untuk kode digital dari kompuer maupun laptop kita menjadi kode analog yang dapat dibaca oleh telepon.
4.       Kabel berfungsi untuk penghubung dari semua hardware yang telah disebutkan sebelumnya

Internet di Area Hotspot
Di area yang terjangkau oleh sinyal hotspot kita dapat berinternetan tanpa kabel sama sekali. Jika perangkat kita tidak dilengkapi dengan wireless, kita bisa membeli wireless usb yang dijual di toko komputer. Namun, biasanya untuk perangkat laptop keluaran terbaru sudah dilengkapi oleh wireless. Sehingga kita tidak perlu untuk membelinya lagi.


Internet menggunakan hotspot menjadi pilihan banyak orang karena praktis dan tidak perlu memasang alat tambahan (untuk laptop, karena sudah dipasangin oleh vendor laptop tersebut).
Modem GSM atau CDMA

Jika kita ingin berinternet dengan menggunakan jaringan telepon nirkabel baik itu GSM atau CDMA, kita membutuhkan perangkat modem GSM atau CDMA . berinternet dengan menggunakan jaringan GSM atau CDM saat ini menjadi pilihan banyak orang karena tarifnya yang murah.
Modem GSM atau CDMA berfungsi sebagai alat transmisi data yang keluar masuk dari komputer atau laptop ke jaringan. Hal yang harus kita ingat jika kita memilih berinternet, jika
·      Melalui GSM adalah pastikan wilayah kita terjangkau HSDPA (agar kecepatan internet kita bagus),
·      Melalui CDMA pastikan terjangkau sinyal EVDO.
Saat ini harga untuk perangkat modem GSM atau CDMA sudah cukup murah.
D.      Menggunakan Web Untuk Berselancar di Internet
World Wide Web ("WWW" atau lebih singkat "Web") adalah sebuah media informasi global di mana pengguna dapat membaca dan menulis melalui komputer yang tersambung ke Internet.
Istilah Web sering diidentikan dengan Internet itu sendiri, meskipun sebenaranya Web merupakan salah satu jasa yang beroperasi di atas Internet seperti halnya e-mail. Sejarah Internet terjadi jauh sebelum Web di kembangkan.
Web browser adalah perangkat lunak aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk menayangkan dan berinteraksi dengan tulisan, gambar, video, musik dan berbagai informasi lainnya yang terdapat pada halaman Web di sebuah situs di Internet atau dijaringan lokal. Tulisan dan gambar di halaman Web dapat mempunyai hyperlink kehalaman Web lain di mesin yang sama atau di situs web lainnya.
Web browser memungkinkan pengguna secara cepat dan mudah mengakses informasi yang diberikan oleh banyak situs Web dengan cara menjelajahi link tersebut. Web browser akan memformat informasi HTML untuk ditayangkan. Karena itu tampilan halaman Web sedikit berbeda dari satu browser ke browser yang lain.
Ada beberapa Web browser yang dapat kita gunakan, antara lain
·         Mozilla Firefox
·         Internet Explorer (bawaan dari sistem operasi windows)
·         Safari,Konqueror
·         Opera
·         Flock
·         Epiphany
·         K-Meleon
·         AOL Explorer.

Saat ini, Firefox merupakan Web browser terbaik yang banyak digunakan di Internet. Bagi yang menggunakan sistem operasi Linux Ubuntu, Firefox akan langsung terinstal saat kita menginstal sistem operasi tersebut. Web browser kebanyakan digunakan sebagai agen pengguna dari HTTP. Walaupun lebih banyak digunakan untuk mengakses World Wide Web, Web browser juga dapat digunakan untuk mengakses informasi di Web server di jaringan lokal dan isi dari file system diharddisk.
Untuk melakukan browsing Internet dapat dilakukan dengan cara :
1.    Klik Start pada taskbar
2.    Pilih menu Programs (All Program untuk Windows XP)
3.    Pilih dan klik Internet Explorer











4.    Maka akan muncul tampilan (tergantung setting Home Address)






E.       Toolbar Pada Internet Explorer
Adapun Toolbar yang ada pada Internet Explorer antara lain adalah :
1.    Back           :  untuk kembali ke halaman sebelumnya yang diakses.
2.    Forward   :  untuk menuju ke halaman depan yang telah diakses
3.    Stop           :  menghentikan loading
4.    Home        : menuju ke alamat default
5.    Search      : mengaktifkan modus pencarian

Sementara itu hal-hal yang dapat dilakukan di Internet antara lain :
·      Browsing     : adalah menjelajah Situs/Website/Homepage yang terdapat dalam Internet. Langkah melakukan Browsing adalah dari Internet Explorer pada Bar Address tulis nama alamat situs yang akan diakses. Contoh http//www.yahoo.com (Enter)
·       E-mail       : elektronik mail adalah sarana berkirim surat melalui Internet. Hampir semua situs yang besar mempunyai fasilitas untuk E-mail gratis. Proses pengiriman e-mail diawali dengan pendaftaran e-mail. Pada system registrasi (pendaftaran) situs satu dengan yang lain memiliki versi yang berbeda-beda akan tetapi prinsipnya sama.
·      Chatting : adalah sarana berkomunikasi dengan interaktif melalui media Internet. Untuk melakukan hal tersebutdapat menggunakan suatu software MIRC, atau melalui situs yang menyediakan fasilitas untuk Chatting. Langkah pertama yang dilakukan adalah aktifkan program tersebut, selanjutnya melakukan registrasi Full Name, E-mail Address, NickName dan aAlternate Name, dan pilih saluran (channel) yang dikehendaki.

















2 komentar:

Beri Komentar yang membangun